Autodesk Sketchbook Tutorial - Membuat Foto Siluet Keren di Android

shares |

Autodesk Sketchbook Tutorial - Banyak sekali cara edit foto yang sudah saya berikan dengan menggunakan aplikasi autodesk sketchbook pro. Salah satunya edit foto yang paling banyak dicari oleh para editor android yaitu edit foto kartun smudge painting. Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial terbaru tentang cara membuat foto siluet yang keren di ponsel android.

Edit foto siluet ini termasuk editan yang mudah sekali untuk dipelajari, baik oleh pemula ataupun yang sudah profesional. Selain menggunakan sketchbook pro, sebenarnya banyak juga aplikasi siluet wajah android yang bisa kita pergunakan. Seperti aplikasi picsay pro, picsart atau infinite design. Disini saya memilih aplikasi sketchbook pro, karena akan membuat foto siluet yang berbeda, dan pastinya lebih keren. Untuk hasil edit foto siluet bisa sobat lihat dibawah ini.

Cara membuat foto siluet

Seperti biasanya untuk mempermudah sobat dalam mempelajari tutorialnya, disini saya sudah menyiapkan bahan mentahan berupa foto, background dan template untuk menyimpan tulisan (nama). Sobat bisa memakainya sebagai bahan percobaan terlebih dulu, jika sudah puas dengan hasilnya, baru pakai foto asli.

Untuk aplikasi sketchbook pro disini saya memakai versi 3.6.2, sobat bisa memakai versi yang sama atau yang berbeda, yang penting tools nya sama, agar nantinya tidak bingung ketika melihat tutor siluet yang saya berikan dibawah ini.

Bahan
Autodesk sketchbook pro
Bahan Mentahan Siluet

Langkah - 1
Buka aplikasi sketchbook pro kemudian klik salah satu opsi dibagian atas. Nanti akan muncul beberapa pilihan, disini sobat pilih import image. Silahkan masukan sebuah foto yang akan diolah menjadi siluet, jika sudah klik tanda ceklias dipojok atas.

Membuat foto siluet keren

Langkah - 2
Selanjutnya buat sebuah layer baru dengan cara klik (icon +) jika sudah pilih menu tools / kuas. Sobat pilih salah satu kuas yang akan dipakai, disini saya sudah memberikan tanda kuas yang bisa sobat pakai. Untuk pengatur kuas tersebut, sobat sesuaikan dengan kebutuhan, sedangkan untuk warna kita pakai warna hitam.

Membuat foto siluet keren

Langkah - 3
Mulai untuk mewarnai objek dilayer baru, jangan sampai salah layer. Lakukan langkah ini dengan teliti sampai semua bagian objek tertutupi. Jika sudah selesai, sobat bisa sedikit berkreasi dengan cara menghapus bagian - bagian tertentu. Silahkan pilih kuas penghapus lalu mulai mencari bagian tertentu yang sekiranya cocok untuk dihilangkan / dihapus.

Membuat foto siluet keren

Langkah - 4
Selanjutnya sobat klik pada layer bahan editan yang dipakai, nanti akan muncul pilihan, silahkan klik delete karena kita sudah tidak memerlukannya lagi.

Edit Foto Siluet

Langkah - 5
Dikarenakan posisinya agak sedikit kesamping, sobat pilih icon yang berada diatas lalu pilih transform. Geserkan foto siluet ini ketengah - tengah. Berikutnya klik dibagian layer ini lalu pilih duplicate.


Membuat Foto Siluet Keren

Langkah - 6
Tujuan duplicate layer ini untuk memberikan sedikit bayangan pada foto siluet. Silahkan sobat pilih layer yang berada dibawah, lalu pilih icon pada baris atas dan pilih transform. Kemudian geserkan foto kearah samping.

Membuat Foto Siluet Keren

Langkah - 7
Selanjutnya sobat kurangi opacity layernya bisa memakai 20 - 35 %. Jika sudah klik pada layer paling atas lalu pilih marge all untuk menyatukan kedua layer ini. Hasil sementra bisa sobat lihat dibawah ini.

Membuat Foto Siluet Keren

Langkah - 8
Pada langkah ini adalah proses dimana kita akan menambahkan / membuat sebuah template untuk menyisipkan tulisan. Sobat bisa memakai bahan mentahan yang sudah saya berikan diatas, atau bisa membuatnya sendiri. Jika gak mau ribet, sobat langsung saja klik icon diatas lalu pilih menu import foto dan masukan bahan mentahannya taruh dibagian bawah foto.

Kalau ingin berkreasi sendiri, sobat bisa bikin di layer baru. Kenapa harus dilayer baru? untuk berjaga - jaga jika kita melakukan kesalahan saat proses pengeditan, jadi nantinya lebih mudah memperbaiki atau menghapus. Untuk tools yang dipakai bisa menggunakan tools pensil, warna bisa memakai warna hitam atau bisa juga dikombinasikan dengan warna yang lain.

Membuat Foto Siluet Keren

Langkah - 9
Selanjutnya sobat bisa langsung menyisipkan tulisan (nama) pada template yang sudah dibuat. Bisa memakai menu teks yang tersedia diaplikasi sketchbook pro atau bisa juga memakai tools penghapus. Karena di sektchbook jenis fontnya standar, jadi saya memilih memakai tools penghapus. Silahkan sobat hapus template  pelan - pelan membentuk sebuah tulisan (Nama).

Jika sudah selanjutnya menambahkan sebuah background, pilih icon diatas dan pilih import foto. Cari background yang akan kita pakai, lalu letakan posisi layer background berada paling bawah. Setelah background dimasukan, kreasi dan tulisan kita jadi tertutupi, sehingga kurang enak dilihat. Disini saya pakai kembali tools penghapus untuk menghapus background yang menghalangi kreasi dan tulisan.

Aplikasi siluet wajah android

Langkah - 10
Setelah semua proses selesai kita satukan semua layer, pilih layer paling atas lalu klik nanti pilih marge all. Untuk menyimpan hasilnya klik opsi yang ada diatas pilih share - save to device.  Selesai, selamat mencoba.

Aplikasi siluet wajah android

Untuk menambahkan tulisan, sobat bisa melakukannya dengan memakai aplikasi picsay pro. Disana sobat bisa memilih font favorite yang sekiranya cocok untuk editan siluet ini. Apa bisa menambahkan font di picsay pro? sangat bisa sob, jika tidak tahu caranya bisa melihat postingan tentang cara menambahkan font di picsay pro.

Demikianlah yang bisa saya berikan tentang cara membuat foto siluet keren di android, semoga bisa dipahami dan bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai berjumpa kembali di autodesk sketchbook tutorial yang lebih menarik lainnya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan bertanggung jawab. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi kami lewat formulir kontak.