Autodesk Sketchbook Pro Tutorial - Mengatasi Berbagai Masalah

shares |

Autodesk Sketchbook Pro - Apa kabar? semoga semuanya dalam keadaan sehat selalu. Pada Kesempatan kali ini admin akan membahas seputar aplikasi autodesk sketchbook pro. Buat yang sudah lama belajar edit foto pastinya sudah paham tentang cara pakai autodesk sketchbook pro. Namun akhir - akhir ini saya melihat banyak sekali anggota baru yang bergabung di grup edit foto Sketchbook Indonesia dan Smudger Indonesia. Tentunya karena masih baru, banyak permasalahan yang mereka hadapi ketika memakai aplikasi sketchbook pro.

Diantara masalah tersebut, yang paling sering ditanyakan oleh pemula ialah tools / kuas yang sedikit, tidak bisa menambahkan layer (layer terbatas) dan blur ketika upload hasil karya smudge ke media sosial facebook. Untuk itu disini saya akan mencoba membantu mengatasi permasalahan tersebut. Yuk langsung saja ikuti ulasannya dibawah ini.

Mengatasi Jumlah Tools Yang Sedikit


Mengatasi Jumlah Kuas Sedikit

"Kok, kuasnya ga lengkap padahal saya sudah download sketchbook pro?". Pertanyaan seperti itu sering saya jumpai ketika sedang berjalan - jalan keberbagai grup sketchbook. Biasanya karena kebingungan mereka download kembali aplikasi sketchbook pro dari situs yang berbeda. Dan ketika dibuka, semakin pusing karena hasilnya tetap sama😓.

Jika kalian merasa seperti itu, tenang saja sob, saya juga pernah merasakannya sampai download lebih dari 3 aplikasi sketchbook pro.

Cara mengatasi permasalahan ini, sebenarnya gampang, sobat cukup buka aplikasi sketchbook pro lalu klik pada menu Tools / Kuas. Jika terlihat hanya berisi dua baris kuas, itu berarti bukan yang pro unlocked, silahkan sobat cari dan download autodesk sketchbook pro full version. Tetapi jika ketika dibuka terlihat banyak kuas seperti gambar diatas, itu tandanya sudah pro unlock.

"Katanya sudah pro unlock, tapi kok ga ada kuas smudge nya?". Itu memang benar sudah pro unlock, kuas smudge itu letaknya ada dibagian bawah (Tersembunyi). Cara menampilkannya, sobat tekan lalu geser keatas. Nanti dengan sendirinya semua kuas yang terdapat dibawah akan terlihat.

Mengatasi Jumlah Kuas Sedikit

Ada beberapa tipe ponsel yang kuas smudge nya tidak tampil ketika mencoba dengan cara diatas. Itu biasanya terjadi diponsel yang memiliki ukuran layar kecil (3.5 inci). Jika sobat mengalami masalah seperti ini cara menampilkannya ialah tekan pada layer lalu geser pelan - pelan keatas agak sedikit miring (serong). Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Mengatasi Jumlah Kuas Sedikit

Mengatasi Jumlah Kanvas layer Yang Terbatas


Canvas layer yang terbatas

"Kenapa sketchbook saya layernya cuma sedikit, tidak bisa ditambahkan lagi?". Ini merupakan pemasalahan yang juga sering dialami pemula. Masalah seperti ini biasanya terjadi karena gambar yang kita masukan kedalam aplikasi sketchbook pro memiliki ukuran yang besar.

Cara mengatasinya kalain harus merubah ukuran foto tersebut, bisa menggunakan aplikasi picsay pro. Buka aplikasi picsay lalu masukan foto, klik menu adjust. Kemudian cari fitur Resize.

Canvas layer yang terbatas


Setelah dibuka ubah size fotonya bisa memakai 1000 px - 1500px jika sudah klik quick fit. Selanjutnya pilih menu Export dan save fotonya. Jangan langsung mengexport keaplikasi sketchbook pro, karena nanti jumlah kanvas layernya akan mengikuti size foto. Jadi sebaiknya disimpan saja dulu.

Canvas layer yang terbatas

Mengatasi Blur Saat Upload Hasil karya Smudge


Selain permasalahan diatas banyak juga yang bertanya " Kenapa ya, saat saya upload ke facebook ko hasilnya blur, padahal digaleri saya terlihat bagus dan bening".

Permasalahan seperti itu biasanya terjadi karena terlalu banyak memakai kanvas layer saat proses edit foto di sketchbook. Perlu kalian ketahui bahwa semakin banyak memakai kanvas layer ukurannya semakin kecil. Biasanya para pemula langsung klik menu import foto, itu berarti kita memakai defult 18 layer dengan ukuran canvas sekitar 720x1280. Sebaiknya kebiasaan seperti ini kita tinggalkan saja dan ganti dengan yang baru.

Sebelum memasukan gambar kita klik menu pada bagian pojok, akan muncul opsi baru pilih New Sketch seperti gambar dibawah ini.

Mengatasi blur

Nanti akan terbuka dan muncul 4 pilihan, kalian pilih custom. Disini kita bisa mengatur sendiri ukuran canvas layer, semakin besar ukurannya jumlah layernya akan semakin sedikit. Saya sarankan kalian pakai layer secukupnya saja, bisa pakai 4, 6 atau 8 layer. Dengan begini kualiatas foto akan tetap bagus.

Mengatasi blur

Jika dengan cara diatas tadi sobat masih merasa blur ketika diupload ke facebook, sobat bisa lanjutkan pakai cara ini. Silahkan buka aplikasi picsay pro kemudian masukan foto hasil smudge yang sudah dibuat. Kik menu adjust pilih resize kemudian ubah ukurannya ke 2000px semakin besar semakin bagus, lalu pilih quick fit. Dan terakhir simpan hasilnya. Semoga dengan melakukan kedua langkah ini permasalahan sobat bisa teratasi.

Mengatasi blur ketika di upload ke facebook

Nah itulah beberapa permasalahan yang sering dialami oleh pemula yang baru belajar edit foto memakai aplikasi sketchbook pro. Dan sekarang saya akan memberikan sedikit tips memindahkan letak tools kebagian favorite. Dengan cara ini kita tidak perlu lagi mencari - cari kuas kebagian bawah jika ingin memakainya.

Tips Memindahkan Letak Tools Kebagian Favorite


Caranya sangat mudah, buka menu tools yang ada di sketchbook. Silahkan cari dulu tools atau kuas yang akan dipindahkan kebagian favorite. Misalnya kita akan memindahkan kuas smudge, tekan kuas tersebut lalu geser keatas pelan - pelan(jangan dilepaskan), letakan kebagian favorite diantara tools yang lain lalu lepaskan, nanti dengan sendiri kuas smudge itu akan tersimpan. Perhatikan gambar dibawah ini untuk melihat hasilnya.

Tips memindahkan letak tools

Sobat bisa tonton versi videonya dibawah ini.


Demikianlah pemabahasan pada kesempatan kali ini semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan coret - coret dikolom komentar. Terimakasih atas kunjungannya sampai berjumpa kembali di postingan edit foto android lainnya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan bertanggung jawab. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi kami lewat formulir kontak.